BUDAYA KERJA RUMAH SAKIT
Ã’ ASAL
KATA Ã BUDDHAYAH
(BAHASA SANSEKERTA), YANG BERARTI BUDI DAN AKAL
Ã’ BANGSA
YANG BERBUDAYA DAPAT DILIHAT DARI TINGGINYA TINGKAT BUDI DAN AKAL SERTA
KEANEKARAGAMAN HASIL BUDAYANYA
Ã’ FAKTOR
TSB Ã
ETIKA, SIKAP, PERILAKU ANGGOTA ORGANISASI DAN MEMBENTUK CARA PANDANG MEREKA
TERHADAP MASALAH, BAIK INTERNAL MAUPUN EKSTERNAL YANG DIHADAPI DALAM KEHIDUPAN
BERORGANISASI.
UNSUR KEBERLANGSUNGAN RS
¨ PASIEN
/ CUSTOMER Ã
MANAJEMEN RS BERUSAHA SEOPTIMAL MUNGKIN MEMENUHI SEGALA KEBUTUHAN PASIEN Ã KEPUASAN PASIEN
¨ PERSAINGAN
ANTAR RS / COMPETITION Ã
ANGGAPAN BAHWAN RS LAIN MEMILIKI MUTU LEBIH BAIK DAPAT MEMICU M’PERTAHANKAN
BAHKAN MENINGKATKAN KUALITAS & SLALU
B’ADAPTASI ATAS P’KEMBANGAN ZAMAN
¨ P’HEMATAN
BIAYA /COSTS Ã
TDK SLALU DIBEBANKAN PD PASIEN, HAL INI DAPAT DIATASI DG MENINGKATKAN
PRODUKTIFITAS & PERBAIKAN MUTU PELAYANAN
¨ MENGATASI
KEGAWATAN/CRISIS Ã RS
HRS DPT M’ANTISIPASI KEGAWATAN DG PREDIKSI YG TEPAT
• DI
BEBERAPA RUMAH SAKIT, SUATU RENCANA STRATEGIK (RENSTRA) YANG TELAH BERHASIL
DISUSUN OLEH SUATU TIM KHUSUS DAN DISAHKAN OLEH PIMPINAN TIDAK BERJALAN MULUS
DALAM PENERAPANNYA.
BUDAYA MELAYANI
SESUAI
DENGAN PERKEMBANGAN BARU DALAM PARADIGMA PELAYANAN, BUDAYA KERJA RUMAH SAKIT
YANG POSITIF ADALAH BUDAYA KERJA MELAYANI. CARANYA ADALAH DENGAN CONTOH
MEMBIASAKAN ARAH ORIENTASI TINDAKAN DAN SIKAP SERTA PERILAKU KEPADA KEPENTINGAN
ORANG LAIN YANG DILAYANI, BUKAN KEPENTINGAN DIRI SENDIRI.
NAMUN,
APABILA ORIENTASI TINDAKAN KE ARAH KEPENTINGAN DIRI SENDIRI AKAN BERTENTANGAN
DENGAN "BUDAYA KERJA MELAYANI" TERSEBUT DI ATAS. CONTOH TINDAKAN YANG
NEGATIF ADALAH KARYAWAN RUMAH SAKIT YANG SUKA MEMBOLOS ATAU TERLAMBAT DATANG.
KEMUDIAN PERAWAT YANG KURANG PERHATIAN TERHADAP PASIEN ORANG MISKIN, DAN DOKTER
MENYURUH PASIEN MEMBELI OBAT ATAU ALAT DI APOTIK TERTENTU.
APABILA
TINDAKAN YANG POSITIF DARI SETIAP INDIVIDU DAPAT DILAKSANAKAN SECARA KONSISTEN
DAN TERUS MENERUS AKAN MENGHASILKAN TABIAT POSITIF. PADA AKHIRNYA SECARA
KELOMPOK AKAN MENGHASILKAN BUDAYA KERJA POSITIF.
BUDAYA MUTU
PENINGKATAN
MUTU Ã
LEBIH MJD PRIORITAS DIBANDINGKAN PROFIT, WALAU HARUS TETAP SEIMBANG
SEIRING
PENINGKATAN MUTU Ã
AKAN DIPEROLEH PENINGKATAN PENGHASILAN
FUNGSI BUDAYA KERJA
- PERTAMA Ã IDENTITAS ORGANISASI (SIMBOL DAN HARAPAN), SEHINGGA ANGGOTA ORGANISASI MERASA BANGGA TERHADAP ORGANISASINYA DAN PIHAK EKSTERNAL MENARUH RESPEK.
- KEDUA Ã KESTABILAN ORGANISASI SEHINGGA SECARA INTERNAL SELURUH KARYAWAN MERASA TENANG DAN YAKIN, DEMIKIAN PULA PIHAK EKSTERNAL YANG BERKEPENTINGAN.
- KETIGA Ã SBG ALAT PENDORONG ORGANISASI, SEHINGGA MAMPU MENJADI DASAR DAN PENDORONG UNTUK MENCAPAI TUJUAN ORGANISASI.
- KEEMPAT Ã KOMITMEN ORGANISASI SEHINGGA MAMPU SEBAGAI KATALISATOR DALAM MEMBENTUK KOMITMEN UNTUK PELAKSANAAN BERBAGAI IDE ATAU SUATU RENCANA STRATEGIS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar